Menu Close

Bidang

Semoga informasi tersebut bisa memberikan gambaran untuk kalian yang ingin kuliah di Jakarta. Karena para mahasiswa pada umumnya mempunyai tugas-tugas yang banyak dari dosen, tentu saja internet merupakan salah satu kebutuhan utama yang sebaiknya slot online terbaik anda penuhi. Untuk anda yang merupakan mahasiswa yang masih mendapat kiriman uang saku bulanan dari orang tua, maka sebaiknya anda segera memisahkan uang konsumsi untuk harian dan tabungan pada saat uang tersebut baru anda terima.

Kalau di luar negeri malah ada yang namanya “UX Designer”, kerjaannya hanya menganalisis gimana buat web yang user friendly. Kemampuan akademik mungkin jadi faktor yang paling ‘menghalangi’. Anda harus bisa bersaing dengan ribuan calon mahasiswa lain untuk masuk ke kampus-kampus ini.

STTRI memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang betul-betul membutuhkannya. Di STIN para taruna akan diajarkan mengenai ilmu intelijen, dan ditempa fisik dan mental dengan keras. Awalnya saya mengincar beasiswa di kampus luar negeri dengan program full-time agar saya bisa fokus ke studi saya. Namun seperti kata pepatah “malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih”, saya gagal mendapatkan beasiswa yang saya incar walau sudah berkali-kali mencoba.

Review kuliah di Jakarta

Oleh karena itu saya juga sarankan mahasiswa IT untuk mencari 1 fokus keahlian, misalnya apakah fokus ke jaringan, ke database, ke pemrograman desktop (VB, Delphi,. NET), web programming atau ke mobile programming. Saran saya, pilihlah jurusan yang paling menarik buat agan dan bikin semangat belajarnya. Agar seragam dan tidak memihak, kali saya menggunakan data akreditasi dari pemerintah. Penilaian akreditasi ini diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT). Secara sederhana, akreditasi ini bisa dibilang “tingkat kualitas” dari sebuah jurusan. Banyak faktor yang bisa digunakan untuk menentukan universitas yang terbaik, mulai dari fasilitas, kelengkapan lab, jumlah dosen, atau bahkan klaim universitas tersebut di media massa.

Tujuannya, mereka yang mau berkuliah gak terbebani dengan tingginya biaya saat memasuki sebuah universitas. STMIK memiliki program study IT unggulan yakni Sistem Informasi, Teknik computer, manajemen informatika. sedangkan untuk komunitas IT maupun himpunan jurusan IT yang bisa kalian masuki pada kampus tersebut diantaranya ada HIMASI, HMMI, HIMATEK dan Coconut.

Mengenai aktivitas ekstrakurikuler, sebenarnya ragam ekskulnya juga kurang lebih sama dengan UPH Jakarta, hanya saja lebih sedikit yang di UPH Surabaya karena memang masih baru didirikan. Kalau saya bilang, UPH Surabaya lebih menyerupai versi mini dari UPH Jakarta. Hanya saja, UPH Surabaya menawarkan suasana yang lebih ramah dan intim untuk mengenal satu dengan yang lain. Dengan program studi yang lebih sedikit akan memudahkan pembagian tugas antar dosen dan mahasiswa.