Four Cara Sederhana Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama New Normal

Wiku juga meminta masyarakat tidak keluar rumah jika tidak harus melakukan kegiatan penting. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kasus penularan virus corona SARS-CoV2 (Covid-19) yang semakin bertambah membuat imunitas atau daya tahan tubuh harus dijaga bahkan ditingkatkan. Berikut ada beberapa cara menjaga kesehatan tubuh yang mesti Anda lakukan. Sebuah studi dari Ohio State University menunjukan stres psikologis mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dengan mengganggu komunikasi antara sistem saraf, endokrin sistem, dan sistem kekebalan tubuh. Untuk itu, Anda perlu mengelola stres dengan baik agar fungsi sistem kekebalan tubuh tidak menurun.

Selain itu, kandungan betakaroten yang dimilikinya membantu menjaga kesehatan kulit dan mata. Kandungan vitamin C didalamnya dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang merupakan kunci perlawanan infeksi. Penurunan respons kekebalan tubuh terhadap infeksi umumnya terlihat dari bagaimana vaksin bekerja pada orang usia lanjut. Sebagai contoh, vaksin influenza yang diberikan pada orang berusia di atas sixty Daftar Situs Judi Slot Terpercaya 2021 five tahun tidak dapat bekerja optimal dibandingkan dengan vaksin yang diberikan pada anak-anak usia 2 tahun ke atas.

Beberapa cara untuk menjaga imunitas tubuh

Tak hanya itu, vitamin A juga diketahui sangat baik untuk membantu penglihatan seseorang menjadi lebih optimum. Selain mengkonsumsi berbagai macam makanan yang kaya akan manfaat, untuk mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang kuat harus diimbangi dengan berbagai langkah di bawah ini. Hal ini dapat mengakibatkan tubuh mengalami peradangan dan rentan terhadap penyakit. Jadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh yang tepat adalah dengan mengendalikan stres. Anda bisa coba lakukan latihan yoga atau meditasi untuk mengendalikan atau menghilangkan stres.

Seiring dengan bertambahnya usia, tubuh Anda juga akan mengalami adaptasi terhadap kekebalan dari sistem imun. Memiliki waktu istirahat yang cukup sangat penting untuk mempertahankan rutinitas tidur yang teratur, agar hari-hari tetap berjalan sesuai pola regular. Pastikan kita tidak bergadang karena dapat berakibat buruk pada kesehatan kita. Selain cukup istirahat, pastikan diri kita selalu terhidrasi dengan baik lewat konsumsi air putih secara teratur dalam jumlah yang cukup (rata-rata 8 gelas/hr). Mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh dengan air bersih dan sabun adalah cara yang efektif untuk melindungi dari infeksi virus.

Lakukan cuci tangan secara rutin sebelum makan, setelah keluar dari kamar mandi, dan setelah beraktivitas di luar rumah. Apabila tidak ada sabun dan air mengalir, bisa menggunakan hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol minimal 60 persen. Secara keseluruhan, sistem imun yang dimiliki tubuh sebenarnya mampu melindungi tubuh dari virus. Tapi tidak jarang juga imun pun bisa gagal melindungi tubuh kamu, terutama saat sedang dalam kondisi lemah.