Mal Dki Sepi Bak ‘kuburan’, Dihantam Psbb Hingga Demo Rusuh

Gubernur Ganjar Pranowo saat turun menemui ribuan buruh yang menggelar aksi demonstrasi di depan kantornya. Massa yang memanfaatkan momen demo tolak RUU Cipta Kerja melakukan aksi rusuh di Kwitang, Jakarta Pusat, dekat Tugu Tani. Demo menentang disahkannya RUU Cipta Kerja menjadi UU berakhir bentrok dengan polisi massa demonstran berusaha merangsek Situs Judi Slot ke gedung DPRD Jabar. Melihat hal tersebut, rumah sakit se-Kota Metro melakukan aksi kemanusiaan dengan menggelontorkan dana Corporate Social Responsibility agar membantu masyarakat Kota Metro yang terdampak. Satgas Penanganan Covid-19 mengimbau peserta aksi demonstrasi mematuhi protokol kesehatan agar tak terjadi penularan virus corona.

Mahasiswa dari sejumlah universitas akan kembali menggelar aksi turun ke jalan hari ini (28/10). Namun, BEM SI menegaskan bahwa pihaknya tak akan ikut berpartisipasi dalam aksi kali ini. Dari hasil pemeriksaan, 135 orang di antaranya patut diduga melakukan tindak pidana. “Dari a hundred thirty five orang itu yang sudah ditingkatkan ke proses penyidikan sebanyak eighty three orang. Sebanyak fifty four orang ditetapkan sebagai tersangka, 28 di antaranya ditahan,” ujar Nana.

Ratusan orang yang tergabung dalam Kampanye Jeda untuk Iklim beraksi di Balaikota Jakarta. Mereka prihatin terhadap pemerintah yang dinilai masih abai dalam menerapkan kebijakan pro-lingkungan. Beredar kabar bahwa mitra pengemudi GoKilat Gojek akan menggelar aksi mogok kerja besok. Beredar video aksi unjuk rasa yang berujung kerusuhan dengan menarasikan bahwa demonstrasi tersebut dilaksanakan pada hari ini 24 Juli 2021. Pandemi Covid-19 membatasi ruang gerak, sehingga upaya membangun generasi sehat dan tangguh menjadi pekerjaan rumah orang tua.

Rusuh dan demo saat psbb

Lokasi aksi merupakan Jalan Lintas Sumatera, yang menjadi akses utama lalu lintas menghubungkan antar kabupaten/kota di Sumut. Untuk membantu pemulihan Kota Jayapura Papua, Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano mengatakan pemerintah akan mengganti kerugian yang ditimbulkan saat demo yang berujung rusuh. Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia telah membeberkan data-data terkait jumlah orang yang tewas akibat aksi unjuk rasa sepanjang tahun 2019. Tim Cyber Crime sedang menelusuri siapa yang membuat dan menyebarkan seruan hoax untuk menggelar aksi unjuk rasa bertuliskan melengserkan Presiden Joko Widodo. “Urgensi kita kan mengatasi pandemi. Kan lucu aja. Buat kebijakan yang potensi ricuh pas pandemi,” tulisnya sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com.

Polri harus menjadi penjaga keamanan rakyat, sebab demo tanpa prokes membahayakan rakyat. Selain menyasar petugas parkir dan penarik becak, bantuan sembako akan diberikan juga kepada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri. Subdit Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya mengamankan dua orang admin grup FaceBook “STM Se-Jabodetabek”.

Menurut keterangan polisi, pelaku hanya melepas tembakan untuk peringatan saat kericuhan terjadi. Kepolisian Daerah Metro Jaya menangkap tidak kurang dari 1.000 orang dalam demonstrasi mahasiswa dan buruh itu. Mereka yang diciduk dicurigai sebagai perusuh, yang oleh polisi disebut dengan istilah anarko. Wahdi juga menyarankan untuk KTN agar ditambahkan tenaga kesehatan tiap poskonya.

Polres Pelabuhan Tanjung Priok menggandeng pedagang dan santri untuk membagikan bantuan sosial bansos PPKM Level 4. Dosen UMI Makassar berinisial AM diduga terlibat aksi demo hingga rusuh di depan kantor Gubernur Sulsel. Setelah gagal merobohkan pagar, pengunjuk rasa melemparkan batu ke arah gedung yang dibalas semprotan water canon dan gas air mata.

Delapan lowongan rekrutmen calon pegawai negeri sipil atau CPNS Pemkot Solo minim pelamar meski masa pendaftaran sempat diperpanjang. Video dari kreator yang terkenal dengan konten-konten lucunya ini pun banyak diunggah kembali di media sosial lainnya seperti Instagram dan Twitter. Dirinya pun mengaku akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk pencabutan izin usaha tersebut.

Pro-kontra dan aksi demonstrasi mewarnai perjalanan UU Omnibus Law , sejak awal dicetuskan presiden tahun lalu, penyusunan hingga pembahasan di DPR, sampai pengesahannya. Pengusaha berharap Hari Buruh diisi kegiatan yang mendorong peningkatan kapasitas pekerja dan menghindari risiko penularan virus corona. Dua organisasi serikat buruh menggelar demontsrasi di kantor PT Indomarco Prismatama. Dalam seruan boikot Indomaret ini, mereka menuntut pembebasan pidana seorang pegawai toko swalayan tersebut. Para pedagang pasar nonesensial Kota Solo yang ditutup selama PPKM darurat didata, diduga untuk menerima bantuan atau kompensasi.